denah rumah


Membuat Denah Rumah




Sebetulnya cara yang paling mudah adalah memakai jasa arsitek untuk untuk segala urusan design rumah tinggal anda. Mereka mempunyai keahlian khusus untuk memadukan unsur keamanan, kenyamanan, estetika dan legalitas dalam paduan yang seimbang.

denah-rumah

Tapi perlu juga anda mengetahui garis besarnya agar dapat dikonsultasikan. Bahkan untuk rumah mungil dengan budget yang terbatas, anda bisa membuat denah rumah sendiri.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat denah ruangan :


Kebutuhan ruang

Ruang yang dibutuhkan oleh masing-masing penghuni tentunya berbeda, tergantung jumlah anggota keluarga dan aktifitas apa saja yang dilakukan. Sebagai contoh ruangan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. Ruang Tamu

2. Ruang Keluarga

3. Ruang Makan

4. Dapur

5. Kamar Mandi

6. Kamar Mandi Utama

7. Kamar Tidur Utama

8. Kamar Tidur Anak 1

9. Kamar Tidur Anak 2

10. Kamar Tidur Pembantu

11. Ruang cuci, Setrika dan Jemur

12. Kamar Mandi Pembantu

13. Teras Depan atau Belakang

14. Void ( jika memungkinkan)

15. Ruangan lainnya yang berhubungan dengan aktifitas seperti Perpustakaan, ruang musik dsb.

Kemudian anda bisa menentukan kira kira luasan tiap ruangan yang diperlukan. Misalnya saja untuk ruang tidur anak 3 x 4m dan ruang tidur utama 4 x 5 m dan seterusnya. Perhatikan juga kebiasaan anggota keluarga. Kebiasaan mandi memakai bathub membutuhkan kamar mandi yang lebih luas dari pada dengan shower atau bak mandi.

Seberapa sering anda menerima tamu dan jumlah tamu yang datang mungkin akan membuat anda memerlukan ruang tamu yang lebih besar. Jika anda hampir tidak pernah menerima tamu, mungkin cukup dengan beranda depan sehingga anda bisa memiliki ruang keluarga yang lebih besar.

Letak ruangan juga menjadi pertimbangan penting. Ini menyangkut sirkulasi kegiatan para penghuninya. Misalnya untuk keperluan penyajian makanan meletakkan dapur yang berdekatan dengan ruang makan. Kamar mandi yang berdekatan dengan kamar tidur dan ruang cuci seterika yang dekat dengan ruang jemur.

Lokasi-lokasi ruangan basah seperti kamar mandi, dapur dan tempat cuci diusahakan berada dalam satu jalur agar memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor, terutama dari buangan WC menuju septic tank diusahakan selurus mungkin. Jika rumah anda bertingkat paling ideal kalau kamar mandi atas berada tepat diatas kamar mandi bawah.

Sirkulasi Udara dan Sinar Matahari

Kondisi ideal sebuah rumah adalah memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan. Buatlah jarak lantai dan plafon diatas 2,8 meter, lebih tinggi lebih baik. Dan juga beri jendela dan ventilasi agar pertukaran udara dapat terjadi dengan leluasa di dalam rumah. Udara panas yang berat jenisnya lebih ringan dengan sendirinya akan naik ke atas sehingga udara dibawah akan lebih sejuk.

Rumah rumah tropis pada jaman belanda terkenak karena kesejukannya. Ini terjadi karena atapnya selalu dibuat tinggi dan ada ventilasi dibagian atas rumah. Tembok pun dibuat tebal ( 1 bata ) agar panas dari luar diredam. Walaupun mungkin dengan harga material semahal sekarang sangat sulit mewujudkan rumah seperti itu.

Masuknya sinar matahari kedalam rumah juga harus diperhitungkan. Idealnya setiap ruangan mendapatkan sinar matahari langsung. Maka untuk perumahan di perkotaan yang berdempetan diusahakan membuat void atau taman belakang untuk mencukupi sinar matahari di dalam rumah. Penggunaan skylight menjadi solusi bagi ruangan yang tidak memungkinkan untuk mendapat sinar matahari langsung dari luar. Ini juga merupakan penghematan karena kita tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Saya pendukung program green planet dan sangat menganjurkan perlunya daerah penyerapan air di setiap rumah. Membuat taman di depan dan belakang rumah seminim apapun diperlukan sebagai penyaring udara, kebisingan dan juga debu. Pohon pohon dapat berfungsi sebagai peneduh dan menambah keindahan rumah anda.

Memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam merencanakan sebuah rumah. Tapi berfikirlah bahwa hasil akhirnya akan bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Rumah yang sehat dan nyaman akan menjadi tempat yang selalu kita rindukan jika berpergian bukan???


Jasa perencanaan denah rumah dapat menghubungi indriabolinggi@gmail.com

, ,

  1. #1 by sofyan on September 26th, 2010

    bagus sekali gambarnya, tentram, nyaman pencahayaan jg bagus….Mas/Mba/Kakak
    tolong dong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas
    tanah 8 x 12 dan luas bangunan yang diinginkan 7m x 8/9,5m (1 atau 2 lantai) atau Luas Bangunan antara 60 – 65 m2 dengan
    ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama + kamar mandi
    2 bh kamar anak
    1 bh KM/wc luar
    ruang tamu
    ruang keluarga
    Ruang Makan
    Musholla kecil
    Dapur
    Tempat Cuci
    teras depan dan belakang
    carport
    Menghadap ke selatan
    TOLONG YA Mas/Mba/Kakak DESAINKAN DAN KIRIM KE EMAIL KAMI
    sofyannurhakim@gmail.com ditunggu Mas/Mba/Kakak.

  2. #2 by selfe on July 5th, 2012

    siang mbak/pak
    saya punya rumah dengan kelebihan tanah 4 X 15 m2
    rencana mau saya bangun utk dijadikan 2 lantai dgn ukuran 4 x 10m , lantai 1 diperuntukkan dapur, r.makan dan ruang kel dgn tdk ada sekat dan lantai 2 dijadikan 2 km tidur dan Km serta ada voidnya agar supaya bisa lht lgsg ke ruang makan/r kel,
    mohon bantuan utk dpt dibuatkan denahnya
    terima kasih
    salam
    selfie

  3. #3 by cahya on December 14th, 2012

    Mas/Mba/Kakak
    tolong dong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas
    tanah 10 x 20 dan luas bangunan yang diinginkan 9m x 15m (1 lantai) dengan
    ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama + kamar mandi
    3 bh kamar anak
    1 bh KM/wc luar
    ruang tamu
    ruang keluarga
    Ruang Makan
    Musholla kecil
    Dapur
    Tempat Cuci
    teras depan dan belakang
    carport
    Menghadap ke timur
    TOLONG YA Mas/Mba/Kakak DESAINKAN DAN KIRIM KE EMAIL KAMI
    cahyamul@gmail.com ditunggu Mas/Mba/Kakak.mks

  1. No trackbacks yet.

Comments are closed.