rumahide

November 5, 2009

interior tahan gempa

Filed under: Interior — admin @ 5:29 am

Mempersiapkan rumah anda untuk menghadapi gempa

Jika anda berada pada daerah rawan gempa, perencanaan yang matang diperlukan untuk mengantisipasi jika bencana itu datang. Persiapkan keadaan rumahhouse-interior-in-japan yang bisa mendukung anda dan keluarga untuk tetap bertahan jika terjadi gempa.

Lihatlah situasi setiap ruangan dalam rumah anda. Perkirakan potensi  resiko yang ditimbulkan untuk meminimalkan kerusakan dan adanya korban. Bayangkan jika terjadi goncangan barang-barang apa saja yang bisa jatuh, pecah ataupun membahayakan diri anda dan keluarga. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk meminimalkan resiko.

Kita mulai dari dapur. Potensi  resiko mungkin paling besar ada di dapur anda. Perhatikan barang-barang yang ada di dapur. Lemari gantung atau kitchen set harus terikat kuat ke dinding dengan paku, sekrup atau siku. Pastikan semua cabinet dapat dikunci sehingga ketika gempa datang tidak ada barang-barang dalam cabinet yang keluar dan dapat menimpa penghuni rumah. Terutama perhatikan barang pecah belah agar selalu diletakkan dalam lemari yang terkunci.

Barang-barang yang besar sebaiknya ditaruh di bawah. Untuk menghindari jatuh dan menimpa penghuni rumah. Pastikan juga barang besar yang beroda mempunyai kunci pada roda sehingga tidak mudah bergeser. Barang pecah belah yang di display terbuka hendaknya diberi double tape dibawahnya.

Kita beranjak ke ruang tidur. Kita mungkin menghabiskan waktu lebih banyak di ruangan ini. Perhatikan cermin, lukisan ataupun hiasan lain yang digantung untuk tetap terikat kuat di dinding. Jika tempat tidur dan beberapa furniture mempunyai roda sebaiknya pastikan rodanya terkunci. Lemari-lemari yang tinggi harus diikat dengan kuat ke dinding juga.

Persiapkan juga lampu senter di tempat yang terjangkau di setiap kamar. Jika gempa terjadi pada malam hari kemungkinan listrik mati sangat besar. Banyak juga yang menyarankan untuk menyiapkan safety shoes agar dapat dipakai ketika gempa untuk menghindari kaki terluka oleh pecahan kaca.

Ruangan yang lain kurang lebih sama pengamanannya. Memang sebaiknya interior dan furniture rumah memakai  kaca tampered yang aman jika pecah. Tapi harga kaca jenis ini memang lebih mahal dari pada kaca biasa sehingga pembuat furniture jarang menggunakannya.

Related article :



No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Powered by WordPress