rumahide

January 27, 2010

dapur impian

Filed under: Kitchen — Tags: , , — admin @ 6:06 am

Mewujudkan Dapur Impian anda

Bisa dibilang dapur adalah jantung dalam setiap rumah. Tempat mengolah makanan yang akan menjadi sumber energi bagi keluarga. Merencanakannya membutuhkan ketelitian agar dapat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkahnya :

orange-kitchenSebelum merencanakan dapur anda ada baiknya kita melakukan survey mengenai desain dan trend yang ada di pasaran. Kita dapat melihat di majalah, di showroom-showroom ataupun browsing melalui internet untuk mendapatkan ide. Bagilah dalam dua bagian. Pertama yang berkaitan dengan fungsi ( peralatan memasak dan tempat penyimpanan) dan yang kedua adalah berkaitan dengan style (tema, warna, bentuk, material ). Ini semua akan memudahkan anda untuk membayangkan dapur seperti apa yang menjadi impian anda.

Tapi jangan lupa untuk menganalisa kesesuaian dapur anda dengan design rumah secara keseluruhan. Pastikan style apapun yang anda pilih bisa menyatu dengan bagian rumah anda yang lain. Anda dapat memilih design kontemporer, country, traditional atau kombinasi dari beberapa jenis design.

Kita juga perlu menghitung kebutuhan tempat penyimpanan untuk peralatan yang kita punya sekarang ataupun kemungkinan di masa datang. Buat anda yang hobi memasak mungkin akan mempunyai peralatan masak yang lebih banyak. Atau jika rumah anda sering ketempatan arisan atau pertemuan keluarga maka harus mempunyai stok peralatan makan yang cukup. Perhatikan juga banyak dan besarnya alat-alat elektronik yang anda miliki seperti kulkas, rice cooker, microwave, kompor, oven dan lainnya. Ini semua untuk memperhitungkan berapa rak dan cabinet yang diperlukan. Karena sebagian besar cost pembuatan dapur ada pada tahap ini.

Buatlah perencanaan dapur sesuai bentuk dan luas ruangan. Juga perlu direncanakan letak perpipaan, stop kontak dan lighting. Ada 3 jenis pencahayaan yang biasa dipakai di dapur: ambient lighting ( lampu yang menerangi seluruh ruangan), task lighting (lampu kerja yang menerangi area tertentu seperti kompor dan sinks), spot lighting ( untuk lampu display makanan dan dekorasi).

Pilihlah material dapur anda. Pertimbangan material yang tahan panas,kuat,  mudah dibersihkan dan tahan air untuk top table dapur anda. Material yang populer adalah granit, keramik, solid timber, tacon dan stainless. Untuk lantai pun pilih keramik yang tidak licin karena areal dapur rentan terpercik minyak dan air.

Lebih dari 50% budget pembuatan dapur terletak pada kabinet dan rak penyimpanan. Untuk itu pilihlah material dan finishing yang sesuai dengan budget anda. Misalnya pemakaian kayu, particle board, kaca ataupun stainless. Finishing dapat berupa melamic, duko, fancy sealer ataupun natural.

Selamat Berkreasi………………

Related articles :

Bentuk dapur yang umum

Serba-serbi dapur masa kini

Dapur yang bersih dan sehat idaman setiap keluarga


No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Powered by WordPress