lantai kayu


Jenis material lantai kayu, kelebihan dan kekurangannya

lantai-kayu-copyLantai dapat membuat perubahan besar pada suasana tempat tinggal anda. Itu sebabnya untuk sebagian orang lantai kayu masih menjadi favorit.  Kesan estetika  dan kehangatannya yang ditinggalkannya tidak dapat digantikan oleh material lantai yang lain. Jenis dan motifnya yang sangat beragam memungkinkan lantai kayu dipakai dalam berbagai gaya rancangan dari klasik hingga modern kontemporer. Teknologi pembuatannya pun sudah lebih modern sehingga memudahkan dalam pemasangan dan pemeliharaannya.




Sebelum menentukan dan membeli lantai kayu pilihan anda, saya ingin menyampaikan informasi yang akan berguna dalam memilih lantai kayu yang anda inginkan. Karena kayu yang berbeda mempunyai karakterisik serat dan warna yang berbeda pula. Anda juga akan menemukan beragam kualitas dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan budget anda.

Pada dasarnya ada tiga pilihan lantai kayu :

  • Lantai kayu solid ( solid wood floor )
  • Lantai kayu dengan teknologi layer ( engineer/veneer wood floor )
  • Lantai kayu laminasi ( laminate wood floor )

Apakah kayu solid asli yang terbaik untuk lantai rumah anda?

Kayu solid jarang dipakai di Indonesia karena sangat rentan dengan kelembaban dan  perubahan cuaca. Bentuknya berupa kayu utuh seperti lembaran papan dengan ukuran tertentu. Yang paling banyak beredar di pasaran adalah kayu jati.

lantai-kayu-solid-copyKelebihan jenis lantai kayu ini adalah keasliannya dan keindahannya. Kesannya hangat dan natural. Jika sudah kelihatan kusam dapat difinish ulang sehingga seperti baru lagi. Kualitas kayu dan proses pengeringannya menentukan ketahanan kayu ini. Banyak rumah kuno berlantai kayu solid yang masih terlihat sangat bagus.

Kekurangannya tentunya bersumber dari karakteristik kayu itu sendiri. Muai susut kayu terhadap kelembaban dan perubahan suhu menyebabkan ukuran lantai kayu ini sangat terbatas. Lebarnya tidak boleh lebih dari 15 cm dan tebalnya tidak lebih dari 2 cm. Untuk panjang masih bisa bervariasi. Pemasangannya pun membutuhkan professional dan finishing karena kebanyakan lantai kayu solid dijual unfinished.

Lantai kayu solid juga rawan terhadap goresan, api dan keretakan. Perlu juga diberi peredam supaya tidak brisik. Dan musuh utamanya adalah air. Cepat keringkan lantai jika terkena air atau cairan lain.

Lantai kayu tetap asli walaupun bentuknya tidak solid.

Anda masih bisa mendapatkan tampilan kayu asli dengan meminimalisir kekurangan lantai kayu solid dengan memakai lantai kayu system layer (engineer wood floor). Jenis lantai ini menyusun lapisan kayu secara bersilangan untuk membuat kestabilan bahan terhadap muai dan susut. Biasanya terdiri dari 2 -3 lapisan atau lebih yang di press dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Lapisan atau layer paling atas adalah lapisan tipis kayu asli (venner). Sedangkan lapisan bawahnya bisa berupa plywood atau HDF(high density fibreboard). Sehingga anda tidak perlu kuatir karena efek dan tampilannya benar benar seperti kayu solid asli.

Tidak semua jenis engineer wood floor bisa di refinish tergantung ketebalan lapisan veneernya. Untuk lapisan venner yang tebal ( sekitar 6 mm) dapat dilakukan 2 – 3 kali refinish. Tapi jangan kuatir kebanyakan jenis lantai kayu ini di coating sehingga lapisan atasnya bisa bertahan sangat lama. Beberapa produsen bahkan bisa memberikan garansi hingga 25 tahun.

Cara pemasangan pun mudah. Dapat di lem ke lantai ataupun diletakkan begitu saja. Dapat langsung dipasang pada lantai keramik atau lantai jenis lain untuk merubah tampilan rumah anda dengan cepat. Jenis lantai ini ada yang sudah di finished maupun yang unfinished. Merk yang terkenal seperti Teka, Pazero ataupun Benwood.

Harga tergantung kualitas veneer, ketebalan veneer dan kualitas layer dibawahnya. Rata2 masih setara dengan lantai kayu solid atau malah lebih mahal. Kisaran harga  per m2 terpasang mulai dari Rp. 300.000 – diatas 1 juta. Dapat di chek di www.lantekayu.com dam www.sarijati.com

Lantai kayu imitasi, tapi tampilannya seperti asli.

laminate-flooringSesuatu yang palsu tidak selalu jelek. Mungkin ini malah menjadi solusi untuk rumah anda. Yang pasti harganya lebih murah dari lantai kayu solid ataupun lantai kayu dengan system layer. Soal ketahanan dan kekuatannya ga kalah dengan engineer wood floor. Kualitas yang baik bisa menahan beban sampai 800 kg. Bahkan jenis laminasi ini lebih tahan terhadap air, api dan goresan.

Lapisan atas merupakan hasil cetakan menyerupai serat kayu ydang dilapisi oleh plastic coating. Sedangkan lapisan intinya berupa HDF ( High density Fibreboard) atau MDF(Medium density fibreboard). Perhatikan baik-baik ketika memilih. Pemakaian HPL (high pressure laminate) tentu lebih baik dari pada DPL ( direct pressure laminate) dan laposan dengan HDF tentu juga lebih baik dari pada MDF.

Pemasangannya sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri untuk ruangan yang kecil. Beberapa jenis memakai locking system sehingga tidak memerlukan lem. Bahkan jenis lantai kayu laminasi ini dapat dengan mudah dibongkar pasang. Biasanya tersedia dengan ukuran sedikit lebih lebar dari pada jenis lantai kayu lainnya.

Merk lantai laminasi sangat banyak dipasaran dan kebanyakan masih impor. Beberapa diantaranya adalah Armtrong, Teka atau Asia Décor. Produk dari cina bahkan lebih murah. Kisaran harga antara Rp.200 rb – 400rb / m2 terpasang.

Lantai laminasi berkualitas biasanya bergaransi 20 – 25 tahun. Tetapi tidak seperti lantai kayu asli, jenis lantai ini tidak dapat direfinish. Tapi jika hanya terjadi kerusakan pada beberapa potong lantai dapat dengan mudah diganti.

Apakah lantai bambu termasuk lantai kayu?

lantai-bambu-copyBambu memang bukan termasuk jenis kayu kayuan. Pohonnya sendiri merupakan jenis rumput atau perdu. Tapi karakteristik bamboo hampir menyerupai kayu sehingga penggunaannya dalam konstruksi pun menyerupai penggunaan kayu.

Lantai bamboo biasanya dijual dalam bentuk engineer dan bukan solid. Motif  serat dan warna sangat eksotis sehingga penggemarnya semakin banyak. Namu produsen lantai bamboo tidak sebanyak lantai kayu. Merk yang paling terkenal adalah Teragren. Harganya pun kira kira setara bahkan lebih mahal dari pada engineer wood flooring karena produk ini kebanyakan masih impor. Produk impor dari cina yang banyak dipasarkan di Indonesia oleh TEKA wood floor dan beberapa distributor lantai kayu lebih murah harganya. Kisaran harga antara Rp. 300rb – 1jtan / m2.

Bambu tumbuh dan matang hanya dalam beberapa tahun sehingga lebih ramah lingkungan dari pada kayu yang membutuhkan waktu puluhan sampai ratusan tahun sebelum dapat di tebang.

Dari semua pilihan diatas anda dapat memilih sesuai dengan selera dan budget anda. Motif serat kayu dan warna sangat beragam. Dari yang berwarna terang hingga gelap. Dari yang seratnya sangat jelas hingga samar-samar. Semua tergantung dari kesan yang ingin anda capai dalam interior rumah anda.

Related article :


  1. #1 by Angelique on February 2nd, 2010

    Dear Rumah Ide,

    Mohon informasi melalui e-mail dimana saya bisa membeli produk Teragren. Terima kasih banyak atas bantuannya.

    Salam,
    Angelique

  1. No trackbacks yet.

Comments are closed.