rumahide

October 13, 2009

membeli sprei

Filed under: Bedroom — admin @ 8:12 pm

Hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum membeli sprei dan bed cover

Apakah anda sadar anda menghabiskan sepertiga dari waktu hidup anda di tempat tidur?  Tempat untuk relax dan istirahat setelah sepanjang hari melakukan aktifitas. Maka buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

Salah satu nya adalah dengan menggunakan sprei dan  bed cover berkualitas. Dengan bahan yang lembut, awet dan motif yang anda sukai. Saya sarankan anda memiliki 2 atau lebih sprei untuk menutup tiap matras tempat tidur anda. Berikut adalah panduan yang perlu anda ketahui sebelum membeli sprei baik di toko konvensional maupun online.

Motif dan Warna

Ketika anda memasuki kamar tidur, tempat tidur akan menjadi focal point. Pastikan anda memilih motif dan warna bedding sesuai dengan tema ruangan tidur anda. Cat tembok warna natural seperti putih dan warna warna pastel akan cenderung cocok untuk lebih banyak motif dan warna sprei. Perhatikan juga luas ruangan tidur anda. Ruang tidur yang mungil lebih cocok dengan motif yang kecil kecil atau polos.

sprei-batik-1-copyJangan takut bereksperimen dengan motif sprei anda. Pilihan sangat banyak di pasaran dari klasik hingga modern dan abstrak. Bahkan motif batik pada sprei pun sekarang menjadi trend. Jadikan suasana tidur anda menjadi waktu yang selalu anda rindukan.

Jenis bahan

Ada beberapa jenis bahan yang ada si pasaran. Yang paling popular dipakai untuk sprei adalah bahan katun. Katun berasal dari serat kapas yang sifatnya merupakan insulator yang baik. Jenis kain ini sangat cocok dipakai di daerah tropis seperti Indonesia karena kesan adem dan mudah menyerap keringat. Serat katun juga dapat menyerap warna dengan baik sehingga motif yang bisa dihasilkan sangat beragam dengan warna yang cemerlang dan tahan lama. Namun kain katun juga mempunyai kelemahan yaitu mudah kusut dan mengalami penyusutan setelah dicuci.Sprei polos dengan aksen batik

Kain katun yang beredar di pasaran sangat beragam. Katun jepang mempunyai serat yang lebih lembut sehingga cocok untuk anda yang berkulit sensitive. Namun tentunya harganya juga lebih mahal dari jenis kain katun standar. Ada juga bahan katun yang sudah di campur dengan bahan2 sintetis seperti viscose dan polyester dengan persentase yang beragam. Katun satin merupakan bahan import dari cina dengan permukaan yang lebih mengkilap.

Type sprei

Sebenarnya jenis sprei ada 2 macam :

  1. Flat bed sheet, merupakan sprei yang hanya berbentuk kain panjang yang lebih besar dari matrass anda sehingga pemakaiannya dapat dimasukan ke bawah matrass
  2. Fitted bed sheet, merupakan sprei yang keempat ujungnya dijahit membentuk lekukan sesuai denga ukuran matrass dan diberi elastic karet untuk memudahkan pemasangan.

Dulu hampir semua sprei merupakan flat bed sheet, namun sekarang pemakaannya mulai menurun dengan populernya fitted bed sheet yang lebih mudah dalam pemasangan dan perapihannya. Flat bed sheet masih dipakai di tempat tidur rumah sakit ataupun hotel. Sedangkan fitted bed sheet lebih banyak dipakai di rumah tangga.

Ukuran Sprei

Sebelum membeli sprei pastikan ukuran matrass tempat tidur anda. Ukuran yang umum dipakai oleh perusahaan spring bed adalah 100 x 200 cm, 120 x 200 cm, 160 x 200 cm (Queen size), 180 x 200 ( King size ) dan 200 x 200.  Tinggi matrass pun berbeda-beda namun yang umum adalah 20 – 30 cm. Untuk flat bed sheet mungkin tidak begitu masalah jika ukuran sprei kita jauh lebih besar. Tapi untuk Fitted bed sheet lebar yang berbeda menentukan kerapihan pemasangan.

Sprei jacquard styleKebanyakan sprei fitted yang beredar di pasaran memakai tinggi 30 cm. Anda tidak usah khawatir jika tinggi matrass anda lebih kecil dari itu karena anda tetap bisa melipat dengan rapi kebawah matras..

Teliti sebelum membeli adalah pepatah yang sangat bijaksana. Dapatkan dahulu pengetahuan yang cukup sebelum ada membeli barang yang anda butuhkan. Pastikan anda tidak akan menyesal dengan pilihan anda…so Happy shopping……………

Untuk pemesanan dapat menghubungi

unique art craft
mobile +628118002336
+622193352377
email : chris.uniquecraft@gmail.com



No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Powered by WordPress