rumahide

August 2, 2009

Membeli keramik

Filed under: Lantai — admin @ 7:10 am

Panduan Lengkap cara membeli keramik untuk rumah anda

Jika pembangunan rumah idaman anda sudah mencapai progress 50%, saatnya untuk membeli keramik. Berikut adalah tahapan-tahapannya.

  1. Perhatikan karakteristik ruangan yang akan dipasang keramik. Keramik untuk kamar mandi tentu berbeda dengan keramik lantai ruang tamu dan berbeda juga dengan lantai carport. Sesuaikan dengan desain rumah anda. Baca artikel tentang Pengetahuan dasar Jenis Keramik.
  2. Pergilah ke toko atau showroom yang menjual keramik. Mintalah catalog dan informasi sebanyak-banyaknya tentang keramik. Terutama tentang ketersediaan barang. Perhatikan juga harga nya agar tidak melenceng jauh dari rencana anggaran biaya rumah anda.
  3. Kalau anda menginginkan beberapa jenis keramik yang berbeda untuk ruangan yang berbeda, jangan membeli saat itu juga. Konsultasikan pilihan anda pada arsitek atau anggota keluarga lainnya. Perlu waktu jika anda menginginkan hasil yang memuaskan.
  4. Ukurlah luasan masing-masing ruangan yang akan dilapisi keramik. Buatlah list pembelian. Jangan lupa tambahkan 5% jumlah keramik untuk cadangan jika ada keramik yang pecah selama pengangkutan atau instalasi.
  5. Pastikan jenis keramik, warna, motif dan ukuran keramik yang anda akan beli. Pergunakan catalog atau catatan anda ketika mengunjung toko keramik. Jangan lupa membuat beberapa jenis keramik cadangan jika saja keramik pilihan kita stok nya tidak mencukupi.
  6. Pada saat pengiriman pastikan semua barang dalam keadaan bagus dan tidak ada yang pecah. Perhatikan juga kode ukuran dan nuansa warna yang sama pada tiap box nya. Karena begitu kita menandatangani tanda terima akan sulit untuk mengembalikan keramik jika ada yang cacat.

Catatan :

Masalah yang sering kita hadapi dalam membeli keramik adalah stok yang tidak mencukupi. Padahal kita sudah cocok dengan pilihan kita. Harap maklum bahwa jenis keramik itu begitu banyak, sehingga tidak memungkinkan bagi toko keramik untuk menyimpan stok dalam jumlah besar untuk semua jenis keramik. Coba bayangkan berapa besar gudang yang harus mereka buat untuk barang yang belum tentu laku.

Biasanya toko yang menjual keramik akan mencari stok jenis keramik yang anda inginkan ke tempat lain. Mungkin toko yang sama di cabang lain, gudang pusatnya atau kepada produsen. Jika stok tetap tidak ada supplier akan menanyakan tanggal produksi selanjutnya kepada produsen untuk jenis keramik tersebut. Kalau harus menunggu beberapa bulan lebih baik anda mengganti pilihan anda.

Itulah sebabnya untuk mendapatkan lantai keramik yang memuaskan anda harus memesannya jauh-jauh hari. Jika dirumah anda tidak ada tempat penyimpanan, toko bisa menyimpankan untuk anda dan mengirimkan ke rumah anda tepat ketika anda membutuhkannya.



No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Powered by WordPress