rumahide

January 30, 2010

dapur sehat

Filed under: Kitchen — Tags: , , — admin @ 8:49 pm

Dapur yang bersih dan sehat idaman setiap keluarga

Tubuh manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi dalam melakukan semua aktifitas hidupnya. Makanan yang baik tidak hanya dari bahan makanan yang sehat tetapi juga melalui proses pengolahan yang sehat pula. Maka dapur sebagai tempat mengolah bahan makanan harus memenuhi syarat-syarat kebersihan dan kesehatan.  Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :

Sirkulasi udara.

Ini merupakan hal vital dalam sebuah dapur. Proses memasak akan menghasilkan asap dan uap dalam jumlah yang banyak. Perlu diperhatikan adanya pintu, jendela atau ventilasi untuk kelancaran putaran udara.  Asap dan uap panas perlu secepatnya dialirkan keluar dan digantikan dengan udara segar.

Jika bukaan kearah luar sangat terbatas maka perlu dipasang cooker hood untuk penghisap asap dan uap panas dari kompor. Berbagai macam merk dan harga tersedia dipasaran.

Pencahayaan

small_kitchenPada siang hari usahakan dapur mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Pencahayaan alami dapat menghemat energy listrik dan  membunuh bakteri bakteri dalam dapur. Selain itu cahaya matahari dapat menghindarkan dapur dari binatang pengganggu seperti tikus dan kecoa yang menyenangi sudut ruangan gelap dan lembab.

Pencahayaan buatan juga diperlukan terutama untuk proses memasak di malam hari.  Ada 3 jenis pencahayaan yang biasa dipakai di dapur: ambient lighting ( lampu yang menerangi seluruh ruangan), task lighting (lampu kerja yang menerangi area tertentu seperti kompor dan sinks), spot lighting ( untuk lampu display makanan dan dekorasi). Untuk dapur mungil satu buah ambient lighting yang cukup terang sudah cukup.

Pemakaian material

Material yang dipakai untuk meja kerja (countertops) dan dinding dapur (backslash) yang pertama kali harus mendapat perhatian. Jenis material nya sangat beragam seperti keramik, granit, batu alam, stainless steel ataupun mozaik. Apapun pilihan anda pastikan material tersebut tahan terhadap panas, mudah dibersihkan, tahan lama dan tentunya indah dipandang mata.

Areal dapur juga rentan terpercik minyak dan air sehingga anda perlu menghindari pemakaian material lantai yang licin atau gloss.

Faktor keamanan

kitchen-saveKita juga perlu memperhatikan perletakan barang-barang elektronik yang ada di dapur. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Kompor sebaiknya diletakkan tidak didekat jendela untuk menghindari tiupan angin pada api. Untuk daerah rawan gempa perlu dipersiapkan interior yang sesuai dengan standard rumah tahan gempa. Anda dapat membaca artikel Mempersiapkan rumah anda untuk menghadapi gempa

Menjaga kebersihan

Karena fungsinya sebagai tempat mengolah makanan, dapur akan menjadi tempat yang menghasilkan banyak sampah dan limbah. Jagalah dapur anda agar tetap bersih dengan membersihkan dapur setiap kali selesai memasak. Jika ada sisa makanan, kuah ataupun minyak yang terjatuh harus segera dibersihkan. Sampah di dapur yang biasanya adalah sampah basah sebaikanya jangan dibiarkan lebih dari satu hari di dalam rumah. Ini dilakukan untuk menghindari perkembangbiakan bakteri dan jamur di dalam rumah.

dapur-bersihinSelain ruangan perlu juga diperhatikan kebersihan dari peralatan memasak dan peralatan makan. Cucilah sesegera mungkin setelah selesai memasak dan makan. Jangan ditumpuk teralu lama karena akan menimbulkan bau yang tak sedap. Jangan lupa juga menjaga kebersihan aliran air di dapur. Pasanglah filter air jika perlu.

Related articles :

Mewujudkan dapur impian anda

Bentuk dapur yang umum

Serba-serbi dapur masa kini


1 Comment

  1. kata orang2 sih..sedih itu karena kita tealrlu terfokus pada apa yang ada didepan kita, gak melihat apa yang ada di kirikanan dan belakang dan juga yang jauh disana hehehe

    Comment by Sora — September 19, 2012 @ 4:45 am

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Powered by WordPress