rumahide

December 2, 2011

lampu gantung

Filed under: Interior — Tags: , , , — admin @ 12:35 am

PILIHAN LAMPU HIAS UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN

 

Memilih lampu hias untuk dekorasi rumah ternyata bukan perkara mudah. Perlu pengetahuan khusus untuk bisa mendapatkan kesan yang kita inginkan.  Itupun masih perlu pertimbangan luas, jenis dan model ruangan yang ada.

Setelah cari sana cari sini, ada banyak juga lo yang bisa kita pelajari dari lampu hias. Sampe bingung mo mulai dari mana dan bingung juga bagaimana meringkasnya.

Kita mulai dari lampu gantung dulu ya…

 

LAMPU GANTUNG ( Hanging lights )

Lampu gantung ternyata sudah ada sejak ribuan tahun  sebelun masehi. Tentunya dulu fungsinya murni sebagai penerangan dan bukan sebagai elemen estetika. Bahan bakar yang dipakai pun dari lemak binatang yang selanjutnya berkembang menjadi lentera dengan bahan bakar minyak.

Raja-raja  jaman dulu sudah menggunakan lampu gantung sebagai dekorasi di istana. Lampu gantung (chandelier ) klasik yang memakai lilin sudah ada jauh sebelum listrik ditemukan.

Ada beberapa jenis lampu gantung dan masing masing di desain untuk tujuan yang sedikit berbeda. Tipe lampu gantung dibawah ini mungkin bisa memberikan petunjuk lampu jenis apa yang paling sesuai untuk keperluan anda.

 

PENDANT  LAMP

Pendant lamp adalah jenis lampu yang biasanya tergantung di langit langit dengan pemakaian material yang sangat beragam.  Cakupannya juga sangat luas dan bisa ditempatkan di hampir semua ruangan dalam rumah.  Jenis nya masih terbagi bagi menurut bentuknya sebagai berikut

Bowl pendant. Dari namanya udah ketauan kalau bentuknya seperti mangkok. Untuk jelasnya bisa dilihat di gambar berikut

 

 

 

 

 

 

Bell pendant. Kalau ini emang bentuknya seperti lonceng atau bell

 

 

 

 

 

 

Drum Pendant. Biasanya bebentuk silinder yang memakai lapisan kain fabric atau material lain yang transparan.

 

 

 

 

 

 

Mini pendant. Ukurannya kecil kecil dan biasanya dipasang berkelompok.

 

 

 

 

 

 

Ceiling pendant. Lampu ini biasanya tertempel di langit langit. Bentuknya unik dan beragam.

 

Karena semua sudah ada contoh gambarnya jadi lebih mudah kan untuk membedakannya. Bentuknya bagus bagus ya… dari yang klasik sampai yang modern. Apalagi kalau kita ke toko lampu, saking banyaknya malah bingung mo pilih yang mana.

Next…….

CHANDELIER

 

 

 

 

 

Lampu jenis ini berasal dari kata candles ( lilin). Bentuknya bercabang banyak dan juga kadang bertumpuk tumpuk. Material yang dipakai biasanya berupa besi tempa, perunggu, ataupun cristal. Dulu memang pemakaiann  terbatas pada ruangan yang lebih besar, mewah dan kesannya formal. Namun seiring perkembangan desain yang lebih modern, cakupan pemakaiannya kini lebih luas. Harga chandelier pun biasanya mahal tergantung  ukuran dan penggunaan materialnya.

 

 

 

 

 

Chandelier dengan ukuran yang lebih kecil disebut mini chandelier. Karateristiknya masih sama yaitu terderi dari banyak lampu yang bercabang namun lebih simple. Lampu jenis ini cocok untuk ruangan yang lebih kecil dan informal.

 

 

 

 

 

 

Ok deh, next artikel kita akan bahas tentang jenis hanging lamp yang lain yah…..
Tunggu aja

 



No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

Powered by WordPress